Analisis 4P dan Strategi Pemasaran



Analsis 4P

  1. Product  (produk) :produk dari nike selain untuk kenyaman(compfortable) juga ditambahkan dengan fitur-fitur khusus untuk menambah value added,  produknya mencakup dari alas kaki (footwear), accessories, peralatan olahraga ( sports wear and equipment), perawatan badan (body care).
  2. Price(harga) premium price.
  3. Place (tempat) : diberbagai gerai resmi nike, dan toko olahraga.
  4. Promotion (promosi) : stragety promosi nike yaitu “ create  dominant presence in media”, sebagai contoh nike menjadikan Critiano Ronaldo (football) sebagai brand ambassadornya.

STRATEGI PEMASARAN
strategi pemasaran Nike beristirahat sepenuhnya pada citra merek yang menguntungkan dan telah berkembang menjadi sebuah perusahaan multinasional perusahaan Agen Bola ibcbet besar dari waktu ke waktu. Citra merek yang menguntungkan telah terus bertahan Agen Bola Sbobet karena hubungan yang kuat dengan logo Nike yang cukup khas dan slogan “Just Do It” yang telah digunakan dalam iklan untuk beberapa waktu. Perusahaan telah dikenal untuk berinvestasi dalam iklan dan promosi merek.

Segmentasi pasar
Sebagian besar konsumen produk Nike terutama olahragawan. Hal ini karena dari utilitas yang datang dengan produk. Seorang atlet lebih mungkin untuk pergi sepatu olahraga dirancang dan dipasarkan oleh Nike lebih dari orang yang membenci olahraga dan latihan. Nike menargetkan konsumen ini dengan perjanjian antara Nike dan tim atletik, perguruan tinggi atletik teams1 dll untuk sponsorship produk dan promosi akhirnya kepada anggota tim ini. Dengan cara ini, Nike mampu mencapai sejumlah konsumen dan konsumen yang lebih mungkin untuk membeli. Meskipun orang lain cenderung membeli produk, Nike membayar penargetan tertentu tegas untuk atlet lebih dari sekelompok individu meskipun juga menargetkan para pemuda.

Penargetan Strategi
Nike meletakkan sejumlah strategi untuk menargetkan konsumen langsung mereka; atlet dan olahragawan lainnya. Strategi menargetkan antara lain sponsor dari produk oleh tim atletik profesional, selebriti atlet dan tim atletik perguruan tinggi. Strategi ini secara khusus berhasil karena kemampuannya untuk mencapai sejumlah besar atlet. Jika manajer tim atletik menetapkan jenis tertentu dari sepatu track yang dibuat oleh Nike, peserta pelatihan tidak memiliki pilihan lain selain untuk membelinya. Tim dapat juga membeli sepatu track di besar dan memasok mereka dengan anggota tim. Strategi kedua yang Nike berlaku adalah merancang tujuan produk. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan sukses dengan produk. Sebagai contoh, ketika seorang atlet selebriti mensponsori merek tertentu sepatu atletik, merek akan terkait dengan keberhasilan.

Strategi Harga
Seperti yang tercantum dalam bagian sebelumnya, Nike menargetkan konsumen yang menganut keintiman produk dan dengan demikian peduli tentang produk. Ini telah memungkinkan sbobet Nike untuk menetapkan harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Sbobet Agen ini adalah strategi yang membutuhkan poin harga yang lebih tinggi sehingga dapat mendorong nilai produk yang dirasakan. Telah ditetapkan bahwa konsumen yang menganggap produk harus berkualitas tinggi cenderung untuk membayar harga tinggi lebih sering dan konsisten. Setelah konsumen mengembangkan keintiman produk, mereka Agen Sbobet datang untuk mengasosiasikan orang dengan produk dan akan membayar harga apapun dikutip pada produk yang disediakan memiliki Nike logo di atasnya.
Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah fakta bahwa Nike menggunakan strategi harga integrasi vertikal di mana mereka mengambil kepemilikan peserta pada tingkat saluran yang berbeda dan mereka juga terlibat dalam operasi tingkat saluran aneka Agen Bola baik dalam upaya untuk mengendalikan biaya dan dengan demikian fungsi pengaruh harga.

Strategi Distribusi
strategi distribusi yang dianut oleh suatu organisasi baik dapat memberi mereka keunggulan di pasar atau membuat mereka tertinggal di belakang pemenang di pasar. Lebih efisien distribusi produk adalah lebih banyak penjualan dan keuntungan dengan demikian lebih. Pengiriman produk yang tepat dan pada waktu yang tepat untuk konsumen tidak hanya efek utilitas tetapi juga mengarah ke tingkat tinggi kepuasan dan loyalitas konsumen. Nike mendistribusikan produknya secara tingkat. Produk premium harga tinggi diberikan kepada distributor tertentu sementara meninggalkan harga rendah untuk dijual dengan harga yang sangat diskon di toko-toko mega ritel seperti Wal-Mart. Sedangkan Reebok memeluk strategi distribusi terbatas Nike berkelana lebih ke kapitalisasi pasar .

Strategi Promosi dan Komunikasi
Terlepas dari Nike produk-produk berkualitas jual yang telah menyebabkan tingkat tinggi loyalitas pelanggan, strategi promosi yang perusahaan mempekerjakan hanya luar biasa. Nike telah mengontrak sejumlah profesional dan selebriti atlet yang telah berhasil menarik perhatian yang cukup besar untuk produk mereka. Beberapa olahragawan ditandatangani oleh Nike termasuk bintang sepak bola seperti Ronaldinho, Ronaldo dan Roberto Carlos, pemain basket seperti Jermaine O’Neal dan LeBron James2, triatlon Lance Armstrong dan golf superstar Tiger Woods. Hal ini telah menciptakan tingkat yang relatif tinggi kesadaran Nike produk ‘. Selain penandatanganan selebriti olahragawan untuk mempromosikan produk mereka, Nike juga telah mempekerjakan banyak iklan melalui media massa.


Related Posts

Analisis 4P dan Strategi Pemasaran
4/ 5
Oleh