Analsis 4P
- Product (produk) :produk
dari nike selain untuk kenyaman(compfortable) juga ditambahkan dengan
fitur-fitur khusus untuk menambah value added, produknya mencakup
dari alas kaki (footwear), accessories, peralatan olahraga ( sports
wear and equipment), perawatan badan (body care).
- Price(harga) premium price.
- Place (tempat) : diberbagai gerai
resmi nike, dan toko olahraga.
- Promotion (promosi) : stragety
promosi nike yaitu “ create dominant presence in media”, sebagai
contoh nike menjadikan Critiano Ronaldo (football) sebagai brand
ambassadornya.
STRATEGI
PEMASARAN
strategi pemasaran Nike
beristirahat sepenuhnya pada citra merek yang menguntungkan dan telah
berkembang menjadi sebuah perusahaan multinasional perusahaan Agen Bola ibcbet
besar dari waktu ke waktu. Citra merek yang menguntungkan telah terus bertahan Agen Bola Sbobet karena hubungan yang kuat dengan
logo Nike yang cukup khas dan slogan “Just Do It” yang telah digunakan dalam
iklan untuk beberapa waktu. Perusahaan telah dikenal untuk berinvestasi dalam
iklan dan promosi merek.
Segmentasi pasar
Sebagian besar konsumen produk
Nike terutama olahragawan. Hal ini karena dari utilitas yang datang dengan produk.
Seorang atlet lebih mungkin untuk pergi sepatu olahraga dirancang dan
dipasarkan oleh Nike lebih dari orang yang membenci olahraga dan latihan. Nike
menargetkan konsumen ini dengan perjanjian antara Nike dan tim atletik,
perguruan tinggi atletik teams1 dll untuk sponsorship produk dan promosi
akhirnya kepada anggota tim ini. Dengan cara ini, Nike mampu mencapai sejumlah
konsumen dan konsumen yang lebih mungkin untuk membeli. Meskipun orang lain
cenderung membeli produk, Nike membayar penargetan tertentu tegas untuk atlet
lebih dari sekelompok individu meskipun juga menargetkan para pemuda.
Penargetan Strategi
Nike meletakkan sejumlah strategi
untuk menargetkan konsumen langsung mereka; atlet dan olahragawan lainnya.
Strategi menargetkan antara lain sponsor dari produk oleh tim atletik
profesional, selebriti atlet dan tim atletik perguruan tinggi. Strategi ini
secara khusus berhasil karena kemampuannya untuk mencapai sejumlah besar atlet.
Jika manajer tim atletik menetapkan jenis tertentu dari sepatu track yang
dibuat oleh Nike, peserta pelatihan tidak memiliki pilihan lain selain untuk
membelinya. Tim dapat juga membeli sepatu track di besar dan memasok mereka
dengan anggota tim. Strategi kedua yang Nike berlaku adalah merancang tujuan
produk. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan sukses dengan produk. Sebagai
contoh, ketika seorang atlet selebriti mensponsori merek tertentu sepatu
atletik, merek akan terkait dengan keberhasilan.
Strategi Harga
Seperti yang tercantum dalam
bagian sebelumnya, Nike menargetkan konsumen yang menganut keintiman produk dan
dengan demikian peduli tentang produk. Ini telah memungkinkan sbobet Nike untuk
menetapkan harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Sbobet Agen
ini adalah strategi yang membutuhkan poin harga yang lebih tinggi sehingga
dapat mendorong nilai produk yang dirasakan. Telah ditetapkan bahwa konsumen
yang menganggap produk harus berkualitas tinggi cenderung untuk membayar harga
tinggi lebih sering dan konsisten. Setelah konsumen mengembangkan keintiman
produk, mereka Agen Sbobet datang untuk mengasosiasikan orang dengan produk dan
akan membayar harga apapun dikutip pada produk yang disediakan memiliki Nike
logo di atasnya.
Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah fakta bahwa Nike menggunakan strategi harga integrasi vertikal di mana mereka mengambil kepemilikan peserta pada tingkat saluran yang berbeda dan mereka juga terlibat dalam operasi tingkat saluran aneka Agen Bola baik dalam upaya untuk mengendalikan biaya dan dengan demikian fungsi pengaruh harga.
Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah fakta bahwa Nike menggunakan strategi harga integrasi vertikal di mana mereka mengambil kepemilikan peserta pada tingkat saluran yang berbeda dan mereka juga terlibat dalam operasi tingkat saluran aneka Agen Bola baik dalam upaya untuk mengendalikan biaya dan dengan demikian fungsi pengaruh harga.
Strategi Distribusi
strategi distribusi yang dianut
oleh suatu organisasi baik dapat memberi mereka keunggulan di pasar atau
membuat mereka tertinggal di belakang pemenang di pasar. Lebih efisien
distribusi produk adalah lebih banyak penjualan dan keuntungan dengan demikian
lebih. Pengiriman produk yang tepat dan pada waktu yang tepat untuk konsumen
tidak hanya efek utilitas tetapi juga mengarah ke tingkat tinggi kepuasan dan
loyalitas konsumen. Nike mendistribusikan produknya secara tingkat. Produk
premium harga tinggi diberikan kepada distributor tertentu sementara
meninggalkan harga rendah untuk dijual dengan harga yang sangat diskon di
toko-toko mega ritel seperti Wal-Mart. Sedangkan Reebok memeluk strategi
distribusi terbatas Nike berkelana lebih ke kapitalisasi pasar .
Strategi Promosi dan Komunikasi
Terlepas dari Nike produk-produk
berkualitas jual yang telah menyebabkan tingkat tinggi loyalitas pelanggan,
strategi promosi yang perusahaan mempekerjakan hanya luar biasa. Nike telah
mengontrak sejumlah profesional dan selebriti atlet yang telah berhasil menarik
perhatian yang cukup besar untuk produk mereka. Beberapa olahragawan
ditandatangani oleh Nike termasuk bintang sepak bola seperti Ronaldinho,
Ronaldo dan Roberto Carlos, pemain basket seperti Jermaine O’Neal dan LeBron
James2, triatlon Lance Armstrong dan golf superstar Tiger Woods. Hal ini telah
menciptakan tingkat yang relatif tinggi kesadaran Nike produk ‘. Selain
penandatanganan selebriti olahragawan untuk mempromosikan produk mereka, Nike
juga telah mempekerjakan banyak iklan melalui media massa.
Analisis 4P dan Strategi Pemasaran
4/
5
Oleh
Mirza Sayuti