PROMOSI DAN PENGIKLANAN PRODUK
(Contoh Usaha yang dikaji: SaladQ)
(Contoh Usaha yang dikaji: SaladQ)
Untuk menarik pelanggan supaya
membeli produk bukannya satu tugas yang mudah. Pelanggan perlu dipengaruhi,
dibujuk dan diyakini, bukan hanya sebatas pengenalan produk saja. Mereka perlu
diberikan kesadaran hingga mereka merasa perlu untuk bertindak membeli produk
yang ditawarkan. Usaha-usaha ini akan berhasil dilakukan menggunakan strategi
pemasaran dan pengiklanan yang tepat dan berkesan pada pelanggan/konsumen.
DEFINISI
PROMOSI
Promosi adalah rangkaian kegiatan
pemasaran yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan, merangsang,
mengingat dan mendorong pelanggan untuk membeli dan terus membeli produk yang
dikeluarkan. Dengan arti lain, semua kegiatan pemasaran dilakukan bertujuan
untuk mempromosikan barang produk yang kita jual.
ISLAM DAN
PROMOSI PRODUK
Promosi adalah salah satu aspek yang
penting dalam kegiatan pemasaran. Menyadari kepentingan promosi dalam
memasarkan produk, ajaran islam membenarkan pelaksanaannya selagi sesuai dengan
ajaran islam.
Tanpa promosi yang baik maka akan
mengundang kegagalan dalam usaha untuk memasarkan suatu produk. Rasulullah SAW
menyadari betapa pentingnya promosi dalam melakukan pemasaran. Walaupun begitu,
Baginda Rasulullah tidak pernah melebih-lebihkan kebaikan suatu produk
semata-mata ingin membujuk, memikat dan memenangi hati pelanggan agar membeli
produk yang ditawarkan. Dalam konteks ini, Rasulullah SAW pernah meberikan
peringatan melalui sabdanya yang berbunyi:
“Sumpah atau
janji yang diucapkan untuk melariskan pemasaran dapat merusak keuntungan.”
(Hadis riwaya Abu Hurairah).
Hadis ini membuktikan bahwa
Rasulullah SAW melarang penjual membuat sumpah atau janji yang berlebihan dan
melampaui batas semata-mata ingin meyakinkan pelanggan terhadap kelebihan
produk yang ditawarkan.
Pada usaha SaladQ (salad buah),
penjual tidak membuat sumpah atau janji yang berlebihan, para penjual hanya
mengatakan apa adanya baik promosi secara langsung maupun promosi di sosial
media, seperti jika buah mengandung banyak manfaat bagi kesehatan bahkan
konsumen/pelanggan bisa melihat sendiri di google, SaladQ juga menggunakan
yogurt bukan mayones, buah apa saja yang ada dalam isi kemasan SaladQ, dan lain
sebagainya. Dengan pembuktian kejadian dilapangan, maka usaha SaladQ menarapkan
ajaran Islam dalam melakukan promosi produknya.
TUJUAN
PROMOSI
Tujuan promosi yang digunakan oleh
SaladQ adalah sebagai berikut:
1.
Meningkatkan jumlah
penjualan produk
2.
Meningkatkan pembeli dan
berlangganan
3.
Membagikan manfaat konsumsi
buah
4.
Menciptakan branding produk
5.
Membuat produk mudah di
ingat dengan promosi yang tepat
6.
Mengalihkan perhatian dari
harga menuju kualitas produk
7.
Mendapatkan dukungan dari
masyarakat
TEKNIK-TEKNIK
PROMOSI
Online
Marketing (Pengiklanan)
Pengiklanan merupakan sarana penting
dalam pemasaran untuk mengirimkan pesan dan menyatakan maklumat/pernyataan
mengenai produk yang dipasarkan sampai kepada pengetahuan pelanggan. Dalam hal
ini, usaha, SaladQ melakukan pengiklanan melalui sosial media seperti paid
promote (iklan berbayar) di Instagram. Dimana dalam iklan ini, SaladQ
mencantumkan manfaat mengkonsumsi buah, isi dari kemasan, harga, nomor yang
bisa dihubungi untuk pemesanan, dan informasi lain yang dirasa perlu.
Pastinya dalam pengiklanan ini usaha
SaladQ tidak melanggar ketentuan islam dan tidak melebih-lebihkan produk,
apalagi mengumbar janji maupun sumpah.
Word of
Mounth Marketing
Manusia tidak lepas dengan namanya
berbagi informasi dengan sesame, baik itu dalam hal agama, pendidikan, gaya
hidup maupun makanan. Seseorang akan berbagi informasi karena hal tersebut
memiliki kualitas dan kuantitas baik ataupun buruk. Oleh karena itu usaha
SaladQ memberikan pelayanan terbaiknya serta kualitas bermutu dan kuatitas yang
terbaik untuk menciptakan kesan yang baik, sehingga pelanggan bisa menyarankan
kepada teman-temannya ketika ingin beli salad buah maka mampir ke SaladQ.
Relationship
Marketing
Hubungan yang dibangun antar sesama
manusia akan menciptakan keuntungan tersendiri, seperti membantu kita ketika
dalam kesusahan maupun mampir ke usaha teman yang baru dibangun. Oleh karena
itu usaha SaladQ membangun relasi sebanyak mungkin dan sebaik mungkin sehingga
bisa memberikan dampak yang baik untuk usaha (terlebih mampir ke outlet
SaladQ).
REFERENSI
Yusof, AB. A. (2018). Pemasaran dari Perspektif Islam. Kuala
Lumpur: Cetak Jitu Sdn.Bhd.
Pemasaran Syariah - Promosi dan Pengiklanan Produk
4/
5
Oleh
Mirza Sayuti