Pemasaran Syariah - Promosi dan Pengiklanan Produk


PROMOSI DAN PENGIKLANAN PRODUK
(Contoh Usaha yang dikaji: SaladQ)


            Untuk menarik pelanggan supaya membeli produk bukannya satu tugas yang mudah. Pelanggan perlu dipengaruhi, dibujuk dan diyakini, bukan hanya sebatas pengenalan produk saja. Mereka perlu diberikan kesadaran hingga mereka merasa perlu untuk bertindak membeli produk yang ditawarkan. Usaha-usaha ini akan berhasil dilakukan menggunakan strategi pemasaran dan pengiklanan yang tepat dan berkesan pada pelanggan/konsumen.
DEFINISI PROMOSI
            Promosi adalah rangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan, merangsang, mengingat dan mendorong pelanggan untuk membeli dan terus membeli produk yang dikeluarkan. Dengan arti lain, semua kegiatan pemasaran dilakukan bertujuan untuk mempromosikan barang produk yang kita jual.
ISLAM DAN PROMOSI PRODUK
            Promosi adalah salah satu aspek yang penting dalam kegiatan pemasaran. Menyadari kepentingan promosi dalam memasarkan produk, ajaran islam membenarkan pelaksanaannya selagi sesuai dengan ajaran islam.
            Tanpa promosi yang baik maka akan mengundang kegagalan dalam usaha untuk memasarkan suatu produk. Rasulullah SAW menyadari betapa pentingnya promosi dalam melakukan pemasaran. Walaupun begitu, Baginda Rasulullah tidak pernah melebih-lebihkan kebaikan suatu produk semata-mata ingin membujuk, memikat dan memenangi hati pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan. Dalam konteks ini, Rasulullah SAW pernah meberikan peringatan melalui sabdanya yang berbunyi:
Sumpah atau janji yang diucapkan untuk melariskan pemasaran dapat merusak keuntungan.” (Hadis riwaya Abu Hurairah).
            Hadis ini membuktikan bahwa Rasulullah SAW melarang penjual membuat sumpah atau janji yang berlebihan dan melampaui batas semata-mata ingin meyakinkan pelanggan terhadap kelebihan produk yang ditawarkan.
            Pada usaha SaladQ (salad buah), penjual tidak membuat sumpah atau janji yang berlebihan, para penjual hanya mengatakan apa adanya baik promosi secara langsung maupun promosi di sosial media, seperti jika buah mengandung banyak manfaat bagi kesehatan bahkan konsumen/pelanggan bisa melihat sendiri di google, SaladQ juga menggunakan yogurt bukan mayones, buah apa saja yang ada dalam isi kemasan SaladQ, dan lain sebagainya. Dengan pembuktian kejadian dilapangan, maka usaha SaladQ menarapkan ajaran Islam dalam melakukan promosi produknya.
TUJUAN PROMOSI
            Tujuan promosi yang digunakan oleh SaladQ adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan jumlah penjualan produk
2.      Meningkatkan pembeli dan berlangganan
3.      Membagikan manfaat konsumsi buah
4.      Menciptakan branding produk
5.      Membuat produk mudah di ingat dengan promosi yang tepat
6.      Mengalihkan perhatian dari harga menuju kualitas produk
7.      Mendapatkan dukungan dari masyarakat
TEKNIK-TEKNIK PROMOSI
Online Marketing (Pengiklanan) 
            Pengiklanan merupakan sarana penting dalam pemasaran untuk mengirimkan pesan dan menyatakan maklumat/pernyataan mengenai produk yang dipasarkan sampai kepada pengetahuan pelanggan. Dalam hal ini, usaha, SaladQ melakukan pengiklanan melalui sosial media seperti paid promote (iklan berbayar) di Instagram. Dimana dalam iklan ini, SaladQ mencantumkan manfaat mengkonsumsi buah, isi dari kemasan, harga, nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan, dan informasi lain yang dirasa perlu.
            Pastinya dalam pengiklanan ini usaha SaladQ tidak melanggar ketentuan islam dan tidak melebih-lebihkan produk, apalagi mengumbar janji maupun sumpah.
Word of Mounth Marketing
            Manusia tidak lepas dengan namanya berbagi informasi dengan sesame, baik itu dalam hal agama, pendidikan, gaya hidup maupun makanan. Seseorang akan berbagi informasi karena hal tersebut memiliki kualitas dan kuantitas baik ataupun buruk. Oleh karena itu usaha SaladQ memberikan pelayanan terbaiknya serta kualitas bermutu dan kuatitas yang terbaik untuk menciptakan kesan yang baik, sehingga pelanggan bisa menyarankan kepada teman-temannya ketika ingin beli salad buah maka mampir ke SaladQ.
Relationship Marketing
            Hubungan yang dibangun antar sesama manusia akan menciptakan keuntungan tersendiri, seperti membantu kita ketika dalam kesusahan maupun mampir ke usaha teman yang baru dibangun. Oleh karena itu usaha SaladQ membangun relasi sebanyak mungkin dan sebaik mungkin sehingga bisa memberikan dampak yang baik untuk usaha (terlebih mampir ke outlet SaladQ).
REFERENSI
Yusof, AB. A. (2018). Pemasaran dari Perspektif Islam. Kuala Lumpur: Cetak Jitu Sdn.
    
Bhd.

Related Posts

Pemasaran Syariah - Promosi dan Pengiklanan Produk
4/ 5
Oleh