PENENTUAN HARGA PRODUK
(Contoh Usaha yang dikaji :
SaladQ)
Pemasaran melibatkan pengedaran produk oleh pemasar yang bertindak sebagai pengeluar kepada pelanggan. Pemasaran secara spesifik ialah suatu antisipasi menguruskan dan memuaskan permintaan malalui proses pertukaran. Oleh karena itu, pemasaran merupakan suatu proses merancang, meletakkan harga, mempromosikan dan mengedar produk. Dalam usaha ini mereka menetapkan harga sesuai dengan target pembelinya yaitu kalangan mahasiswa dimananya harganya sekitar 15.000 sampai dengan 45.000.
DEFINISI
HARGA PRODUK
Harga produk merupakan antara factor yang akan
mempengaruhi pelanggan untuk membeli sesuatu produk. Oleh karena itu, harga
sesuatu produk haruslah berpatutan dan dapat diterima oleh pelanggan. Harga
memainkan peranan penting dalam menentukan keuntungan penjualan. Semakin tinggi
harga produk maka semakin tinggi keuntungan yang diraih oleh penjual.
PENERAPAN
HARGA PRODUK DALAM ISLAM
Penetapan harga produk adalah hasil daripada
interaksi antara dua pihak, yaitu penjual yang berperan sebagai pemasar dengan
pengguna yang berperan sebagai pembeli. Keduanya akan sama-sama menentukan
harga pasaran produk.
Berbeda dengan pemasaran islam, penetapan harga
produk sangat menitikberatkan pada keadilan dan kesamaan. Pasaran bukan hanya
institusi untuk membolehkan berlakunya pertukaran produk antara dua pihak untuk
tujuan memaksimalkan keuntungan. Sebaliknya pasaran diterima sebagai satu
institusi yang bertujuan untuk mewujudkan perilaku yang seimbang untuk
meningkatkan kesejahteraan manusia. Dalam konteks ini, kedua belah pihak
penjual dan pembeli akan memperoleh kebaikan bersama daripada transaksi yang
berlaku. Namun pemasar boleh menggunakan garis panduan umum berdasarkan prinsip
menegakkan keadilan dan menolak kezaliman seperti firman Allah :
“Dan janganlah kamu
makan harta orang lain diantara kamu dengan jalan yang salah, dan jangan pula
kamu menghulurkan harta kamu kepada hakim-hakim karena hendak memakan sebagian
dari harta manusia dengan berbuat dosa, padahal kamu mengetahui” (QS.
Al-Baqarah : 188).
Dalam konteks ini penetapan harga produk, penjual
diberikan kebebasan untuk meletakkan sebarang harga pada sesuatu produk asalkan
tidak terdapatnya unsur manipulasi atau penipuan sehingga menimbulkan
ketidakpuasan pelanggan yang membelinya.
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Berdasarkan Harga
Pesaing
Penetapan harga produk boleh juga dipertimbangkan
berdasarkan harga pesaing dalam pasaran ini.
Hal ini dilakukan untuk mengelakkan pemasar membuat penetapan harga yang
tidak sesuai dengan pemasar semasa yang akan mengakibatkan produk terssebut
tidak mendapatkan sambutan daripada pengguna.
Pemilik SaladQ ini sebelum membuka usahanya mereka
telah terlebih dahulu mengecek harga penjual lainnya agar pemilik SaladQ ini
bisa menentukan harga yang terjangkau agar mampu bersaing dengan usaha yang
sudah ada sebelumnya.
Perbedaan harga
Kaidah perbedaan harga ini digunakan berdasarkan
kualitas produk yang dikeluarkan oleh penjual. Produk yang mempunyai kualitas
yang lebih baik akan dijual dengan harga yang lebih tinggi berbanding dengan
produk lain yang lebih rendah kualitasnya.
Mengapa harga SaladQ beda dengan harga salad yang lainnya ? karena SaladQ ini
merupakan produk kualitas terbaik dimana mereka menggunakan buah-buahan yang
masih segar dan juga mereka menggunakan yogurt bukan mayones sehingga harga
SaladQ ini berbeda dengan salad-salad yang lainnya.
REFERENSI
Yusof,
A. A. (2018). Pemasaran dari Perspektif Islam. Kuala Lumpur: Cetak Jitu
Sdn. Bhd.
Pemasaran Syariah - Penentuan Harga Produk
4/
5
Oleh
Mirza Sayuti