Angkatan Kerja, Penduduk yang Bekerja dan Pengangguaran



Angkatan Kerja, Penduduk yang Bekerja dan Pengangguaran

·         Jumlah angkatan kerja di Provinsi Aceh pada Februari 2018 berjumlah 2,354 juta orang, bertambah sekitar 24 ribu orang dibanding Februari 2017 yang mencapai 2,330 juta orang dan bertambah sekitar 65 ribu orang dibanding Agustus 2017 sebesar 2,289 juta orang.
·         Jumlah penduduk yang bekerja di Provinsi Aceh pada Februari 2018 berjumlah 2,200 juta orang, bertambah sekitar 42 ribu orang jika dibandingkan dengan keadaan Februari 2017 yang mencapai sebesar 2,158 juta orang, dan bertambah sekitar 62 ribu orang dibandingkan Agustus 2017 sebesar 2,139 juta orang.
·         Jumlah penganggur pada Februari 2018 sebesar 154 ribu, berkurang sekitar 18 ribu orang dibandingkan Februari 2017 yang mencapai 172 ribu orang. Jika dibandingkan dengan Agustus 2017 bertambah sekitar 4 ribu orang, sebesar 154 ribu orang.
·         Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Aceh pada Februari 2018 mencapai 6,55 persen, lebih rendah 0,84 persen dari TPT bulan Februari 2017 yang sebesar 7,39 persen, dan lebih rendah 0,02 persen dari TPT bulan Agustus 2017 yang 6,57 persen.
·         Dalam Setahun terakhir sektor-sektor yang mengalami peningkatan persentase penduduk yang bekerja adalah Sektor Pertanian (4,48 persen), Sektor Kontruksi (0,54 persen), Sektor Industri Pengolahan (0,36 persen) dan Sektor Pertambangan (0,15 persen). Sedangkan sektor-sektor yang mengalami penurunan adalah Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum (0,56 persen) dan Sektor Perdagangan (0,53 persen).
·         Dari sisi gender, TPT perempuan pada Februari 2018 mencapai 8,10 persen lebih tinggi 2,62 persen dibandingkan TPT laki-laki sebesar 5,48 persen.


Sosiologi Masyarakat Aceh
Jika dilihat dari data yang disediakan oleh BPS di atas, maka kita bisa melihat bahwa Aceh mengalami perkembangan yang cukup baik di sektor tenaga kerja dimana jumlah penduduk yang bekerja meningkat dan pengangguran menurun. Tapi jika melihat secara langsung ke lapangan, banyak terdapat pengangguran dimana-mana, dan banyak masyarakat aceh yang belum bekerja, ada faktor lain yang menyebabkan seperti itu, ada tangan tak terlihat yang terlibat dalam hal tersebut.
Kebiasaan masyarakat aceh dulu dan sekarang bekerja pun berbeda, dimana masyarakat aceh dulu lebih gigih dan serius dalam menjalankan pekerjaan, serta tidak terlalu memperdulikan berapa biaya/upah karena fokus akan pekerjaan yang harus diselesaika. Jika masyarakat aceh sekarang lebih sering memilih dalam bekerja (kalau upah/gaji tidak besar, maka tidak mau menerima), berharap masuk uang tanpa bekerja, lebih sering nongkrong di warung kopi (baik  yang sudah bekerja maupun tidak bekerja), membanggakan sejarah masyarakat dulu serta berharap bisa seperti itu tanpa melakukan perubahan, dll.
Generasi sekarangpun juga berbeda dengan generasi dulu, dimana generasi sekarang lebih berharap akan harta warisan orang tua, manja untuk bekerja/berwirausaha, malas untuk memulai, mengeluh akan keadaan, dll.
Kebiasaan masyarakat aceh yang sekarang bisa menyebabkan pengangguran tinggi dan kemiskinan meningkat. Jika ingin mengurangi ini makan harus meningkakan kesadaran masyarakat aceh terutama generasi muda aceh untuk membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha di berbagai sektor, terutama sektor pertanian yang merupakan penghasil utama masyarakat Indonesia.
Masyarakat aceh memiliki jumlah penduduk lebih kurang 5juta jiwa, dimana jika 20% nya (sekitar 1juta jiwa) menjadi wirausaha maka bisa membuka lapangan usaha untuk orang lain dengan upah yang layak, anggap masing-masing wirausahawan mempekerjakan 4 orang di usahanya, maka tidak ada masyarakat yang tidak bekerja di aceh dan cara ini bisa menghapuskan pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat aceh.


Daftar Pustaka

Arida, A., Zakiah, & Julaini. (2015). Analisis Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja pada Sektor Pertanian di Provinsi Aceh. Agrisep 16(1), 66-78.
Sofyan, Iskandar, E., & Izzati, Z. (2015). Analisis Kesempatan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja pada Sektor Pertanian di Provinsi Aceh. Agrisep 16(2), 1-7.
Wahyudin. (2018). Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2018. Aceh: BPS Aceh.

Related Posts

Angkatan Kerja, Penduduk yang Bekerja dan Pengangguaran
4/ 5
Oleh